Pantai Klayar

Pantai Klayar
Pantai Klayar

Tidak berlebihan jika Pacitan mempunyai slogan baru PARADISE OF JAVA, karena memang banyak tempat wisata pacitan yang menyimpan keindahan alam yang luar biasa. seperti tempat wisata pacitan yang satu ini, yaitu Pantai Klayar, yang di sebut-sebut sebagai salah satu keajaiban pesona alam di Pacitan. karena di Pantai Klayar ini menyimpan panorama yang sangat indah. Pantai Klayar terletak di kecamatan donorojo,tepatnya di desa Kalak. sayangnya untuk jalan  ke pantai klayar kita harus melewati jalur yang sempit dan terjal, karena masih di sebagian titik masih proses pelebaran jalan. bahkan sampai saat artikel ini di posting bus besar menuju Pantai Klayar masih belum bisa masuk, sehingga bagi anda yang akan berkunjung ke Pantai Klayar hendaknya menggunakan bus kecil atau jika menggunakan bus besar anda harus mempersiapkan sebelum berangkat untuk mencari transportasi lokal yang siap mengantar anda ke Pantai Klayar. Perjalanan ke Pantai Klayar memakan waktu sekitar 50 menit dari kecamatan Punung karena jalan yang berkelok-kelok dan masih sempit sehingga membutuhkan waktu lebih lama.

pantai ini memiliki ke unikan alami yang belum pernah kita temui di pantai pantai lainnya di indonesia, yaitu Seruling Samudera. Lantas mengapa dinamai dengan Seruling Samudera? karena di Pantai Klayar ini ada bentangan batu karang datar yang menonjol ke daratan di mana di sana ada lubang yang panjangnya sekitar 50 cm bisa mengeluarkan suara mirip seruling di sertai dengan semburan air laut yang menjulang tinggi, hal ini bisa kita saksikan ketika ada ombak yang memberikan tekanan kepada rongga yang berada  di bawah karang berlubang tersebut sehingga menimbulkan tiupan angin dan air laut. yang kemudian air laut keluar dari lubang sempit di permukaan karang. terjadilah keajaiban alam yang di namai seruling samudra.

Selain pemandangan yang indah serta keunikan Seruling samudera, di Pantai Klayar kita juga bisa bermain APV yang di sewakan oleh penduduk lokal di sekitaran Pantai Klayar, harga sewanya pun cukup terjangkau, sekitar 70.000-100.000 rupiah kita sudah bisa bermain APV sembari menikmati keindahan pantai klayar. setelah cape bermain APV di  bibir Pantai Klayar, kita bisa rehat di kedai – kedai yang berjajar di bibir Pantai Klayar, di sana banyak yang menjual kelapa muda original, yaitu kelapa muda utuh yang hanya di buka ujung atasnya langsung di sajikan.

jika anda ingin bermalam, penginapan di Pantai Klayar juga sudah tersedia yang di bangun oleh penduduk lokal. walaupun masih sangat sederhana, namun sudah cukup untuk  mengobati keinginan anda unuk menikmati suasana malam di Pantai Klayar. karena lokasi penginapan sudah berada di area pantai. Namun ketika hari libur anda harus booking jauh-jauh hari, karena biasanya di ketika hari libur penginapan di Pantai Klayar penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *